Kamis, 18 Apr 2024
  • SELAMAT DATANG di Official Site SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Jawa Timur

MEMBUAT BAHAN AJAR PERANG DUNIA I DAN II DENGAN MEDIA POW TOON

 

Oleh : Yuni Ekawati, S.Pd., Guru Sejarah SMAN 1 Taman

Perkembangan teknologi animasi berkembang sangat signifikan dalam beberapa akhir dekade. Pow toon sebagai salah satu aplikasi animasi juga berkembang dan mulai digunakan sebagai sarana menyampaikan ide, gagasan dan pelajaran bagi dunia pendidikan.  Aplikasi Pow toon akan memudahkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Aplikasi ini juga sebenarnya memudahkan guru untuk lebih memahami materi yang akan di sampaikan secara bertahap dan membuat para guru mampu memberikan materi secara utuh. Khususnya  materi Perang Dunia I dan II yang rumit dalam penjelasannya sehingga bisa lebih disederhanakan dan memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut

Video pembelajaran dengan Powtoon memang memiliki daya tarik tersendiri yang dapat membuat siswa mau mendengar dan memahami materi yang diajarkan guru. Pembelajaran dengan multimedia terutama menggunakan video animasi  terutama tentang Perang Dunia I dan II memang jauh lebih mudah diterima siswa saat ini. Tapi sayangnya, membuat video pembelajaran bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Karena itu jarang sekali guru-guru di sekolah membuat video pembelajaran dengan animasi seperti ini. Untuk memudahkan pembelajaran dalam menggunakan Powtoon ada beberapa tahapan yang akan kita lakukan. Perlu diketahui aplikasi ini ada yang Pro dan ada yang gratis yang bisa kita gunakan dalam membantu kegiatan belajar mengajar.

Langkah-langkah dalam menggunakan Pow Toon dalam kegiatan pembelajaran:

  1. Membuka situs http:www.powtoon.com
  2. Mendaftarkan email yang kita miliki untuk login kedalam situs pembelajaran Pow Toon. Anda sign updulu jika belum memiliki akun. Anda bisa gunakan akun Google Anda apabila ingin melakukan pendaftaran karena nanti ini akan memudahkan Anda pada tahapan terakhir.
  3. Kemudian akan ada serangkaian pilihan untuk kita, karena saya adalam seorang guru maka saya memilih “ I am a Teacher
  4. Pilih “Square-ig” maka akan muncul slide kosong
  5. Create kemudian memilih format “Horizontal
  6. Format “Horizontal” dipilih karena bisa di share ke YouTube sementara format “Vertikal” digunakan untuk Android seperti Instagram
  7. Pilih fitur disebelah kanan yaitu “Backgroud
  8. Untuk fitur “background” akan ada banyak pilihan yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran, seperti “location” berada disebalah kanan atas.
  9. Kemudian kita scrool ke bawah , karena guru bisa memilih “Background” sesuai kebutuhan masing-masing, Nanti Powtoon akan menawarkan beberapa bentuk animasi yang menarik. Jika Anda masih pemula, Anda bisa gunakan template yang memang sudah jadi atau sudah tersedia. Jadi tinggal edit saja templatenya sesuai kebutuhan Anda.  saya memilih background dengan latar belakang gambar ruang kelas.
  10. Setelah muncul gambar ruang kelas kemudian kita mengisi judul materi yang akan kita berikan ke siswa di dalam “Add Title (T)”. kita bisa menuliskan judul atau Kompetensi Dasar dengan meng klik dibagian atas untuk memilih warna tulisan. pilih sesuai kebutuhan kita untuk tulisan seperti: cetak tebal, rata kiri, rata kanan, di tengah atau atas.
  11. Pilih “The Office” kita bisa memilih yang gratis atau berbayar dengan berbagai ekspresi yang kita butuhkan dalam kegiatan pembelajaran.(saya memilih yang gratis untuk materi yang akan saya sampaikan)
  12. Kembali lagi ke “Add Title” yang sudah kita isi sesuai judul materi pembelajaran kita, kemudian kita dapat mensetting huruf dan angka yang ada di “Add Title
  13. Klik “Image” untuk memilih berbagai gambar sesuai kebutuhan.
  14. Jika “Image” yang ada di aplikasi Pow Toon tidak sesuai dengan gambar yang kita butuhkan kita dapat mengambil gambar yang kita miliki sendiri di Laptop atao PC
  15. Untuk memilih gambar di Laptop atau PC pilih “Image”kemudian “Image” otomatis akan tersimpan didata image Pow Toon sehingga bisa digunakan lagi dikemudian hari.
  16. Menambah video dengan klik disebelah kanan, lalu klik untuk mengupload video yang akan kita masukkan.
  17. Pilihan background suara bisa memilih “my music” dengan tanda dengan symbol untuk memilih music yang diinginkan pilih music setelah itu klik upload. My music bisa dipilih dari file yang ada di dalam aplikasi Pow Toon
  18. Sementara untuk merekam suara sendiri kita bisa klik “record” dan kita mulai merekam suara sendiri untuk pembelajaran. Klik “my record” kemudian “Allow” pastikan microfon kita hidup setelah itu di simpan atau save lalu di beri nama sesuai judul rekaman kita. Contoh : rekaman Perang Dunia I
  19. my record” juga bisa kita ambilkan dari file yang sudah kita miliki sebelumnya dilaptop/ PC. Kita juga bisa menggunakan “voice bunny” pilih bahasa Indonesia sehingga kita bisa memilih suara rekaman milik orang lain, tentu saja yang sesuai dengan materi yang akan kita berikan ke siswa.
  20. Paling bawah sebelah kanan “spasical” kita tinggal memilih “ikon” yang akan kita gunakan.
  21. Di bawah juga ada “timeline” dengan klik ± untuk menambah durasi video yang akan kita berikan ke siswa
  22. Untuk pembuatan Pow Toon kita harus memperhatihan potongan durasi tiap detik video yang akan kita tampilkan ke siswa. Contoh :
  • Perang Dunia I dan II durasi…………. 3 detik
  • Kompetensi Dasar 3.6 durasi………………… 5 detik
  • Kompetensi Dasar 4.6 durasi………………… 5 detik
  1. Ditanda “pensil” file di beri nama kemudian di simpan.
  2. klik “ekspor”, nanti ada empat pilihan yang akan didapatkan yaitu publish, download, upload dan share. Jika Anda ingin memilih versi pro atau yang berbayar, Anda bisa langsung download hasilnya dengan format MP4 tapi jika Anda memilih yang gratisan, Anda bisa upload dulu video tersebut ke channel Youtube Anda kemudian Anda bisa download video tersebut.
  3. Untuk Anda yang ingin upload video pembelajaran ke Youtube, tentu Anda harus memiliki akun google dulu. Baru kemudian pilih upload to dan tentukan akun Google yang ingin Anda gunakan. Kemudian klik next dan di halaman detailnya bisa diisikan deskripsi, kemudian pilih kategori video Anda baru kemudian klik next lagi.
  4. Di laman quality, Anda bisa pilih resolusi yang memang disarankan. Tapi jika Anda membuat video versi gratis, resolusi yang Anda dapatkan adalah standard quality saja. Jika sudah baru klik upload.
  5. Untuk hasil Pow Toon yang gratis atau free durasi video maksimal 3 menit

Seperti itulah beberapa langkah membuat video pembelajaran dengan Powtoon yang perlu diketahui. Semoga dengan membuat video animasi dalam pembelajaran ini akan membuat kelas Anda jadi lebih berwarna dan siswa akan lebih mudah memahami materi Perang Dunia I dan II khususnya dan materi pembelajaran apapun dalam kegiatan belajar mengajar. Selamat mencoba.

Post Terkait

TTS, Teka Teki Seni
26 Agu 2023

TTS, Teka Teki Seni

0 Komentar

KELUAR