Jumat, 12 Sep 2025
  • SELAMAT DATANG di Official Site SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Jawa Timur

PLAYING QR CODE TO ANAYLYZE ANALYTCAL EXPOSITION TEXT

By : Luluk Yusni’ah, S.Pd. Gr., Guru SMAN 1 Taman

Pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa sangat bergantung pada bagaimana guru mampu mengelola dan menerapkan metode yang kreatif, relevan an sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam Era digital yang sedang booming saat ini, integrasi teknologi menjadi sebuah keharusan untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Salah satu pendekatan inovatif yang saya gunakan dalam pembelajaran Bahasa inggris Tingkat Lanjut kelas XI Fase F dalam menganalisis text  Analytical Expostion adalah dengan menggunakan Barcode Game ( QR CODE ).

Barcode Game merupakan metode permainan educatif yang memanfaatkan teknologi barcode atau QR code Yang berisi potongan teks , instruksi untuk menganalisis unsur kebahasaan,  beberapa pertanyaan serta instruksi yang berkaitan dengan materi ajar. Dalam pembelajaran bahasa inggris tingkat lanjut ini saya menyiapkan beberapa QR Barcode yang brisi mengenai clue serta instruksi  apa yang harus peserta didik lakukan. Aturan serta pembelajaran menggunakan QR game ini , untuk memahami  serta menganalisis teks tersebut, saya membagi kelompok menjadi  7 kelompok yang terdii dari 5 siswa disetiap kelompoknya. Kemudian mereka duduk sesuai dengan kelompoknya masing masing, setelah itu perwakilan 1 anak disetiap kelompoknya maju kedepan untuk memindah  QR Barcode menggunakan perangkat digital masing masing, setelah mendapatkan clue per kelompok keluar kelas menuju tempat yang sesuai pada QR Code. Setelah menemukan QR code yang kedua Pesera didik disetiap kelompoknya diminta Untuk memindai QR code lagi dan memahami instruksi yang terdapat pada QR tersebut, disetiap kelompok mendapatkan clue serta instruksi yang berbeda beda, peserta diminta memahami teks yang ada pada QR code dan mendikusikan dengan kelompok masing masing, kmudian menuju instruksi selanjutnya dengan memindai lagi dan berganti tempat sesuai arahan pada QR Code, ditepat terakhir mereka harus menganalisis teks yang mereka dapat diawal dengan mencari laguage future seperti yang saya jelaskandipertemuan sebelumnya.setelah mereka selesai maka kembali ke kelas dan menempelka hasil dari diskusi melalui QR code tadi dengan batas waktu yang telah ditentukan.  Setelah semua sudah kembali kedalam kelas, hasil diskusi setiap kelompok  saya  silang disetiap kelompoknya dengan tujuan mereka memahami betul  tentang teks yang dipelajari. Dan menyimpulkan hasil akhir diskusi tersebut.

Metode ini tidak hanya maembuat siswa lebih aktif dan antusias tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis , pemahaman bacaan gteks serta keterampilan bekerjasama. Permainan QR code ini membawa suasana belajar yang berbeda, tidak monoton , tidak terbatas dalam buku teks tetapi lebih aplikatif dan sesuai dengan dunia digital yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran tidak hanya bergantung pada materi, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat dan menarik.

Vidio pembelajaran QR code bisa di akses melalui :

https://www.instagram.com/reel/C_VsFcbSrcz/?igsh=dzBhOG4yN2RmanM1

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR