Rabu, 24 Jul 2024
  • SELAMAT DATANG di Official Site SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Jawa Timur

Serunya Bulan Bahasa di Smanita : Wujud Cinta terhadap Bahasa Indonesia

Penulis : Halwa Shafiyah Azahra, XI-F9

Hari itu, tidak seperti biasa di halaman Smanita. Dipenuhi dengan kemeriahan pembukaan bulan bahasa, Rabu, 25 Oktober 2023. Pertunjukkan band dari murid peserta extrakurikuler band SMAN I Taman mengawali keseruan acara tersebut. Sambutan pembukaan dari ibu Dewi Nurmalasari, M.Pd selaku kepala SMAN I Taman menyampaikan kegiatan ini sebagai wujud kecintaan terhadap bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun ini diisi dengan berbagai lomba diantaranya lomba menghias majalah dinding atau yang disebut juga pojok baca dan lomba mengumpulkan karya tulisan dari ringkasan buku yang telah dibaca atau disebut resume.

Setiap kelas sangat antusias menampilkan hiasan terbaik pada pojok baca yang menerapkan aspek rapi bersih dan indah. Selanjutnya pojok baca diisi oleh berbagai buku sastra Indonesia yang di kumpulkan oleh setiap siswa seperti novel, autobiografi, sains, dan fiksi. Tentunya buku-buku tersebut telah sesuai dengan kaidah yang berlaku seperti tidak mengandung unsur pornografi dan SARA. Sedangkan untuk kegiatan resume, setiap kelas diberikan berbagai buku bacaan sastra Indonesia yang dibagikan oleh OSIS sesuai dengan jumlah siswa yang ada di masing masing kelas.

Seusai membaca buku, setiap siswa diberikan waktu untuk meringkas kesimpulan buku yang telah dibacanya. Hal ini bertujuan untuk menggali kemampuan literasi dengan mengasah kemampuan memahami isi bacaan yang dituangkan melalui tulisan. Juara pertama pojok baca tahun ini dimenangkan oleh kelas XII IPS 3 sedangkan lomba resume dimenangkan oleh Fatahillah dari kelas XI-F3 dengan ringkasan ilmiah yang bertema botani.

Peringatan bulan bahasa serentak diselenggarakan secara nasional bertujuan untuk melestarikan bahasa Indonesia supaya tidak tergeser oleh pengaruh asing. Diharapkan pula dengan momentum bulan bahasa dapat menjadi pengingat bagi seluruh warga Indonesia dimanapun agar dapat memiliki persatuan yang harus selalu dijaga. Seperti SMAN 1 Taman yang telah memberikan apresiasi pada peringatan bulan bahasa tahun ini berharap agar bulan bahasa dapat mengajak generasi muda menyelami makna literasi yang lebih dalam.

Literasi bukan hanya tentang membaca dan menulis tetapi juga merayakan dan menghargai keberagaman budaya dan bahasa yang ada di Indonesia. Sebagai individu utamanya sebagai pelajar mari kita berkontribusi positif dengan meningkatkan literasi dan berpartisipasi dalam kegiatan bulan bahasa.

Penulis : Halwa Shafiyah Azahra, XI-F9

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR