Rabu, 24 Jul 2024
  • SELAMAT DATANG di Official Site SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Jawa Timur

Gelar Karya P5 : Aktualisasi Bakat Minat Siswa SMANITA

Acara Gelar Karya P5 tahun ini, (21/6) agak beda dengan yang sudah-sudah, semua dikerjakan oleh siswa. Mulai merencanakan, gladi bersih hingga pelaksanaannya, siswa yang mengurusinya. “Ini merupakan ajang pembelajaran bagi siswa kelas X dan XI dalam mengimplementasikan materi P5 yang selama ini diberikan bapak ibu guru. Mereka belajar mandiri dan berusaha untuk mengatasi tantangan dan hambatan yang dialami dalam acara Gelar Karya ini,” ujar Diana Ratnawati, S.Pd., selaku koordinator pengurus P5 Smanita.

Dengan kata lain, yang membuat perencanaan acara, bentuk acaranya dikemas seperti apa, hingga penataan panggung dan stan bazar, semua dikerjakan oleh siswa. “Guru terutana wali kelas dan tim P5 sebagai fasilitator saja dalam kegiatan ini. Bila siswa mengalami kesulitan, mereka konsultasi dengan wali kelas atau tim P5,” kata Yanto, S.Kom., wakil kepala bidang kurikulum.

Acara Gelar Karya P5 ini merupakan gabungan dari dua jenjang kelas, kelas X dan XI. Selama semester genap ini, ada beberapa projek yang dikerjakan siswa. Dan, projek-projek yang dikerjakan siswa ini diberi apresiasi positif oleh tim P5. Berupa buket bunga dan uang untuk hasil projek yang paling baik.

Berikut ini nama-nama projek terbaik yang dipilih berdasar penilaian dan vote bapak ibu guru.

1. Juara 1 parfum  XI F8
2. Juara 1 aroma terapi  XI F 4
3. Juara 1 nata de coco XI F9
4. Juara 1 sabun XI F 10
5. Juara 1 sembong + udeng  XE-1
6. Juara 1 batik  :  XE-7
7. Juara Tari : Nikita X E 6
8. Juara 1 makanan : XE1
9. Juara 1 jajanan : XE9
10. Juara 1 poster berdasar jumlah vote spidol XE-11
11. Juara 1 film pendek XE-7
12. Juara 2 film pendek XE-5

Penyerahan buket ini dilakukan setelah acara gelar karya berlangsung. Gelar Karya P5 yang dibuka oleh Kepala SMAN 1 Taman Sidoarjo, Dewi Nurmalasari, M.Pd., ini menampilkan banyak atraksi seni siswa. Dalam sambutannya,”Bu Dewi sangat bangga dan memberikan apresiasi positif kepada anak-anakku semuanya terutama yang telah mempersiapkan acara Gelar Karya ini. Ibu berdoa agar kalian selalu sehat dan dapat berprestasi yang terbaik di masa-masa yang akan datang. Ini bekal kalian semua untuk menapaki hidup bermasyarakat dan karier nantinya. Selamat dan sukses untuk acara Gelar Karya ini.”

Susunan acara Gelar Karya P5 ini diisi oleh siswa, mulai MC oleh dua siswa-siswi, dirijen memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars P5, baca musikalisasi puisi, teater monolog, penyanyi solo hingga penari lumpur kupang.

Penampilan tari Lumpur Kupang hasil besutan Yetty Anggraheni, S.Pd., yang dibawakan 26 siswi secara rancak sangat memukau penonton yang terdiri dari bapak ibu pendidik, tenaga kependidikan serta orang tua siswa sesaat sebelum mengambil buku raport hasil pendidikan putra-putrinya.

Ada pemandangan yang menarik saat salah seorang siswa tampil membawakan lagu, selain ibu guru ada seorang orang tua murid yang ‘nyawer’. Bukan ini saja, ibu Kepala sekolah juga turut menghadiahkan dua buah lagu. Kali ini berduet dengan salah seorang ibu guru juga duet dengan salah seorang wali murid.

Gelar Karya P5 ini selain sebagai ajang aktualisasi diri siswa juga sebagai sarana hiburan bagi orang tua siswa yang akan mengambil raport putra-putrinya.

 

 

 

Post Terkait

14 Mei 2024

Smanita Borong Juara

9 Komentar

Yetty Angraini, Minggu, 23 Jun 2024

Smanita luar biasa dengan siswa siswa yang penuh talenta. Jayalah smanita 👍👍👍

Balas
Agus Slamet, Minggu, 23 Jun 2024

Selamat untuk SMANITA semakin berkarya dan berprestasi ke depannya

Balas
His, Minggu, 23 Jun 2024

Luar biasa kereen anak-anak smanita, terus berkarya tuk menggapai prestasi yang membanggakan ortu dan almamater smanita

Balas
Maryoto, Minggu, 23 Jun 2024

Alhamdulillah semoga bermanfaat SMAN 1 Taman selalu Tampil terbaik 👍😃

Balas
Ika Windiarti, Minggu, 23 Jun 2024

Keren sekali smanita.Tetep jaya mencetak generasi unggul

Balas
Aditya Zulmi, Minggu, 23 Jun 2024

Sangat bangga dan mengapresiasi setelah melihat semangat dan antusiasme siswa-siswi dalam memamerkan karya mereka. Semangat yang perlu terus dipupuk dan dikembangkan untuk kreativitas siswa.

Balas
Juwair, Minggu, 23 Jun 2024

Gelar karya P5 merupakan ajang aktualisasi bakat dan kreativitas peserta didik yang patut diapresiasi. Dengan apresiasi itu, apapun bentuknya, peserta didik akan termitivasi terus mengembangkan bakat dan potensi diri.

Balas
Ika Yunita, Minggu, 23 Jun 2024

Gelar Karya P5 yang diselenggarakan secara sederhana namun sangat bermakna. Semangat terus untuk selalu berkarya mewujudkan siswa-siswi yang berprofil Pelajar Pancasila.

Balas
Diana Ratnawati, Minggu, 23 Jun 2024

Gelar karya P5 merupakan puncak kegiatan pembelajaran proyek penguatan profil pelajar pancasila semoga dengan kegiatan ini peserta didik memiliki karakter dan kemampuan yang sesuai dengan profil pelajar pancasilla

Balas

KELUAR