Rabu, 24 Jul 2024
  • SELAMAT DATANG di Official Site SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Jawa Timur

Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka Ke-4

 

Berlangsung Kamis, 18 Agustus 2022 bertempat di ruang guru, tepat pukul : 09.00 WIB pelaksanaan Diklat IKM ke-4 dibuka oleh kepala SMAN 1 Taman, bapak Drs. Nurus Shobah, MM. Dengan Nara Sumber tunggal, pengawas pendidikan sekaligus pelatih ahli kurikulum merdeka, ibu Dra. Ernesta Dwi Winasis, M.Pd. Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka ke-4 kali ini bermaterikan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajara Pancasila).

Dipandu bu Luluk selaku moderator, diklat kali ini berjalan lancar dan gayeng. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya,” ujar bu Ernesta.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila masih menurut bu Ernesta, menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Sesi akhir, semua peserta yang terdiri dari guru mapel sekira 70 guru ini membentuk tiga kelompok dan membuat porposal P5.

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR