Rabu, 27 Okt 2021
  • SELAMAT DATANG di Official Site SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Jawa Timur

Parenting Kelas Khusus

“Ada kabar baik dari LTMPT dengan mengeluarkan daftar 1000 sekolah berprestasi se Indonesia. Dan, alhamdulillah, Smanita menduduki rangking 429 terbaik UTBK se Indonesia dan peringkat 70 se provinsi Jawa Timur. Jadikan ini sebagai satu pelecut untuk lebih berprestasi lebih baik,” ujar Drs. Nurus Shobah, MM., kepala SMAN 1 Taman saat memberikan sambutan dalam acara parenting kelas khusus.

Ada satu keistimewaan di acara parenting kali ini, karena dihadiri kepala cabang dinas pendidikan Jawa Timur wilayah Sidoarjo, Drs. Lutfi Isa Anshori, MM. Dalam sambutannya, kacabdin menjelaskan kalau di sekolah yang menerapkan sistem SKS ini akan dimungkinkan siswa lulus sekolah dalam waktu dua tahun. “Karena sekolah memfasilitasi siswa yang mempunyai kemampuan lebih dan kelas percepatan atau kelas khusus ini wadahnya. Bersyukur kalian semua termasuk anak yang masuk seleksi dan yang terbaik diantara siswa yang ada,” kata Lutfi Isa Anshori memberi dukungan moril ke peserta parenting.

“Bagaimana bisa seorang siswa kelas khusus yang belum sepenuhnya memahami dirinya untuk bisa meraih sukses? Sudah mengertikah kelebihan dirinya? Sudah pahamkah kekurangan yang ada dalam dirinya?” rentetan pertanyaan ini mula pertama diutarakan Drs. Bagoes Sanjoto, M.Psi., seorang terapis dan motivator dalam acara Parenting Kelas Akselerasi dengan tema Peran Orang Tua dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Guna Meraih Asa.

Acara parenting yang diadakan oleh pengelola kelas khusus SMAN 1 Taman Sidoarjo ini berlangsung Selasa (5/10) bertempat di masjid sekolah Baitul Ilmi. Dengan mengundang 27 siswa kelas khusus beserta orang tuanya. Perlu diketahui, di SMAN 1 Taman yang menggunakan kurikulum K13 SKS ini ada kelas khusus. Artinya kelas yang didalamnya ada siswa yang dimungkinkan lulus sekolah dalam waktu dua tahun.

“Anak-anak dengan kemampuan yang lebih, baik dalam bidang akademis dan non akademis ini kita fasilitasi khusus agar mereka bisa menempuh pendidikan disekolah ini selama dua tahun,” ujar Miftahul Huda, M.Pd., selaku penanggung jawab kelas khusus. Agar semangat belajarnya tetap tinggi maka diadakan acara parenting sekaligus motivasi. Untuk tahun ini, tim pengelola kelas khusus bekerja sama dengan tim guru BK mendatangkan motivator dari Surabaya, Drs. Bagoes Sanjoto, M.Psi.

“Seiring dengan program mas mendikbudristek Nadiem, dengan adanya sekolah penggerak maka kami angkat tema yang berkaitan dengan profil pelajar Pancasila guna meraih apa yang menjadi cita-cita dan harapan mereka,” lanjut Miftahul yang juga wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

“Saya yakin, kalian di kelas khusus ini beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Coba, adakah yang tidak beriman disini? Yakin dan pasti semua beriman kepada Tuhan,” sergah Bagoes yang mencoba merinci salah satu dari enam karakter profil pelajar Pancasila.

Siswa kelas khusus harus mandiri, lanjut Bagoes, memiliki nalar yang kritis, berkebhinekaan global, memiliki sikap gotong royong serta kreatif. “Pelajar yang tidak kreatif akan sangat jauh tertinggal dari teman-temannya dan lebih menyedihkan lagi akan tertinggal dalam bidang iptek. Bila hal ini tidak segera disadari, bisakah meraih apa yang diinginkan?” tanya Bagoes pada peserta parenting.

Lebih jauh Bagoes menegaskan kalau siswa kelas khusus harus cepat, tanggap dan kreatif. “Kalian dibekali kecerdasan yang lebih diatas rata-rata teman-teman. Syukurilah, manfaatkan kelebihan ini untuk mencapai apa yang kalian inginkan. Dan jangan lupa, minta restu orang tua ketika akan bepergian, termasuk ke sekolah. Yakinlah bahwa doa restu orang tua itu yang mempercepat kesuksessan kalian,” tegas Bagoes dan berpesan kepada orang tua yang hadir bahwa anak-anak ini masih butuh banyak pendampingan dan bimbingan dari orang tua selain guru.

Dengan kata lain, orang tua tidak bisa begitu saja melepas tanggung jawabnya kepada sekolah agar anaknya bisa sukses. Tapi peran orang tua juga sangat besar dalam kesuksesan putra-putrinya.

Acara parenting dan motivasi ini merupakan agenda rutin tiap semester bagi siswa kelas khusus di SMAN 1 Taman Sidoarjo.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR