Rabu, 24 Jul 2024
  • SELAMAT DATANG di Official Site SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Jawa Timur

Membentuk Karakter Religius Siswa dengan Jumat Religi

Siswa muslim sedang menunaikan shalat Duha berjamaah di masjid Baitul Ilmi Smanita. (foto-foto : Tim P5 & Humas Smanita)

Salah satu bentuk perwujudan dari Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 adalah kegiatan Jumat Religi. Jumat Religi ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa serta menambah wawasan ilmu agama bagi para siswa.

Pagi ini, Jumat, 25 Agustus 2023, SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo mengadakan kegiatan Jumat Religi di masjid Baitul Ilmi dan laboratorium komputer 2. Jumat Religi ini dilakukan oleh seluruh siswa kelas X fase E.

Dengan pembagian tempat, kegiatan jumat religi tidak hanya dilaksanakan oleh peserta didik dan guru yang bergama islam, namun juga dilaksanakan oleh peserta didik dan guru non Islam di ruangan lain.

Siswa yang beragama Islam melaksanakan kegiatan di masjid Baitul Ilmi Smanita dan siswa beragama Nasrani di laboratorium 2 Smanita.

Siswa nonmuslim melaksanakan doa pagi bersama di lab komputer 2 Smanita.

Kegiatan Jum’at Religi di masjid Baitul Ilmi dilaksanakan dengan kegiatan membaca do’a bersama, membaca surat-surat pendek Al Qur’an, membaca Asmaul Husna, Istigotsah, Solat Duha berjamaah serta tauziah oleh ustaz Muzamil.

Sedangkan Jumat Religi di laboratorium komputer 2 dibimbing langsung oleh bu Hasti, guru agama Nasrani.

Dimulai mulai pukul 07.00 hingga 08.00 WIB. Dalam pelaksanaan kegiatan ini diharapkan peserta didik memahami, mengamalkan dan menerapkan apa yang mereka dapatkan dan mereka aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap mengamalkan nilai-nilai agama dan berakhalak mulia sebagai modal utama mereka dalam memaknai proses belajar. Dengan menanamkan nilai-nilai agama baik di sekolah maupun di lingkungan peserta didik akan terbentuk sikap yang berdasarkan nilai-nilai pancasila. (Humas Smanita)

Berita ini juga dimuat di https://www.kompasiana.com/yupitersulifan9361/64e8576a4addee56a93fb492/jumat-religi-smanita-membentuk-watak-religius-siswa

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR